RabbaniTour and Travel 2017

Tata Cara Ziarah Kubur

0

Tata Cara Ziarah Kubur

Ziarah kubur – Dan di antara cara untuk mengingat kematian adalah dgn berziarah kubur. Banyak sekali manfaat yg dapat di petik dari amalan berziarah ke kubur. Inilah yg akan menjadi topik pembahasan kali ini. mengingat masih banyak nya kaum muslimin yg salah dlm menyikapi ziarah ini sehingga bukan nya manfaat yg mereka raih, akan tetapi ziarah mereka justru mengundang murka Allah ‘Azza wa Jalla. Semoga Allah Ta’alla  memberikan kita semua petunjuk..

Ketahuilah hamba-hamba Allah Swt, sadar/ tdk sadar, kita semua saat ini sama-sama sedang menuju garis akhir kehidupan kita di dunia,  meskipun jarak nya berbeda-beda setiap orang. Ada yg cepat, ada yg lama. Tetapi, perlahan tapi pasti, setiap orang menuju garis akhir kehidupan nya di dunia, itulah kematian. Allah SWT berfirman :

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

Artinya :“Tiap-tiap yg ber jiwa akan merasakan mati. Dan sesungguh nya pada hari kiamat sajalah di sempurnakan pahalamu. Barang siapa di jauh kan dari neraka dan di masuk kan ke dlm surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tdk lain hanya lah kesenangan yg memperdaya kan” (Quran.Surah. Ali’’Imran-185).

Ada hadist yang menjelaskan :

كُنْتُ نَهَيْتُكُم عَنْ زِيَارَةِ القُبُورِ, فَزُورُوهَا, وَفِي

رِوَايَةٍ فَإنَّهَا تُذَكِّرُكُم.. بالآخرة

Artinya :“Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, namun kini berziarahlah kalian!. Dalam riwayat lain; ‘(Maka siapa yang ingin berziarah kekubur, hendaknya berziarah), karena sesungguhnya (ziarah kubur) itu mengingat- kan kalian kepada akhirat’. (HR.Muslim)

 

عَنِ إبْنِ عُمَر(ر) أوْصَى أنْ يُقْرَأ عَلَى قَبْرِهِ وَقْتَ الدَفنِ بِفَوَاتِحِ سُوْرَةِ البَقَرَةِ وَخَوَاتِمِهَ

“Dari Ibnu Umar RA : “Bahwasa nya beliau berwasiat agar d iatas kubur nya nanti sesudah pemakaman di bacakan awal-awal surat al-Baqarah dan akhir nya..”

 

Tata Cara Ziarah Kubur
Tata Cara Ziarah Kubur

Berikut ini adalah Tata Cara Ziarah Kubur :

  1. Ketika masuk, sunnah menyampaikan salam kpd mereka yg telah meninggal dunia. Nabi Muhammad Saw mengajarkan kpd para sahabat agar ketika masuk kuburan membaca.“Semoga keselamatan di curah kan atas mu wahai para penghuni kubur, dari orang-orang yg beriman &orang-orang Islam. Dan kami, jika Allah Swt menghendaki, akan menyusul mu. Aku memohon kepada Allah Swt agar memberikan keselamatan kepada kami dan kamu sekalian (dari siksa).”(HadistRiwayat- Muslim)”.
  1. Tdk duduk di atas kuburan, serta tdk menginjak nya Berdasar kan sabda Nabi Muhammad Saw :“Jangan lah kalian shalat (memohon) kpd kuburan, dan jangan lah kalian duduk di atas nya.” (Hadist.Riwayat-Muslim)”.
  1. Tdk melakukan thawaf sekeliling kuburan dgn niat untuk ber-taqarrub (ibadah). Karena thawaf hanya lah di lakukan di sekeliling Ka’bah. Allah Swt berfirman.“Tdk melakukan thawaf sekeliling kuburan dgn niat untuk ber-taqarrub (ibadah). Karena thawaf hanya lah di lakukan di sekeliling Ka’bah. Allah Swt berfirman”.
  1. Tdk membaca Al-Qur’an di kuburan. Nabi Muhammad Saw bersabda.
    “Jangan lah menjadi kan rumah kalian sebagai kuburan. Sesungguh nya setan berlari dari rumah yg di bacakan di dalam nya surat Al-Baqarah.” (Hadist.Riwayat.Muslim).
    Hadits di atas mengisyarat kan bahwa kuburan bukan lah tempat membaca Al-Quran. Berbeda hal nya dgn rumah. Adapun hadits-hadits tentang membaca Al-Quran di kuburan adalah tdk shahih.
  2. Tdk boleh memohon pertolongan dan bantuan kpd mayit, meskipun dia seorang nabi/wali, sebab itu termasuk syirik besar. Allah Swt berfirman,“Dan jangan lah kamu menyembah apa yg tdk memberi manfaat dan tdk (pula) memberi mudharat kepada mu selain Allah Swt, sebab jika kamu berbuat (yg demikian) itu, maka sesungguh nya kamu kalau begitu termasuk orang-orang yg zhalim.” (Yunus/l06).Zhalim dlm ayat di atas berarti musyrik.
  1. Tdk meletak kan karangan bunga/ menaburkan nya di atas kuburan mayit. Karena hal itu menyerupai perbuatan orang-orang Nasrani, serta membuang-buang harta dgn tiada guna. Seandai nya saja uang yg di belanjakan untuk membeli karangan bunga itu di sedekah kan kepada orang-orang fakir miskin dgn niat untuk si mayit, niscaya akan bermanfaat untuk nya dan untuk orang-orang fakir miskin yg justru sangat membutuh kan uluran bantuan tersebut.”
  2. Di larang membangun di atas kuburan/menulis sesuatu dari Al-Quran/ syair di atas nya. Sebab hal itu di larang,“ Nabi Muhammads Saw melarang mengapur kuburan dan membangun di atas-Nya.”Cukup meletak kan sebuah batu setinggi 1 jengkal, untuk menandai kuburan. Dan itu sebagaimana yg di lakukan Nabi Muhammad Saw ketika meletakkan sebuah batu di atas kubur Utsman bin Mazh’un, lantas beliau bersabda.“Aku memberikan tanda di atas kubur saudara ku.” (Hadist.Riwayat. Abu -Daud, dgn sanad hasan“.

 

Demikian pembahasan artikel tentang Tata Cara Ziarah Kubur. Baca juga Artikel tentang Tata Cara Ta’aruf dan Tata Cara Sholat Taubat. D rabbani tour ada beberapa paket Paket tour Lombok dan Beijing Muslim Tour.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.