RabbaniTour and Travel 2017

Travel Umroh Terpercaya 1996 – Tata Cara Zakat Mal

Tata Cara Zakat Mal –  Zakat Mal dalam arti Bahasa berasal dari kata Tazkiyah yang artinya Menyucikan harta benda. Menurut istilah adalah harta benda yg wajib dikeluarkan oleh seorang Muslim yg sudah memenuhi syarat untuk diberikan kepada orang yg berhak menerimanya. Zakat mal ini berbeda dengan zakat fitrah, dari sisi waktu zakat mal tidak terikat waktu asalkan syaratnya sudah terpenuhi. Berikut syarat-syarat yg harus terpenuhi:

  1. Islam

Zakat mal hanya diambil dari kaum Muslim dan tidak diambil/diterima dari kaum kafir. Sesuai apa yang difirmankan Alloh SWT:

Tata Cara Zakat Mal
Tata Cara Zakat Mal
  1. Merdeka

Hamba sahaya tidak dibebankan untuk berzakat, karena semua hartanya adalah milik majikannya atau tuannya. Menurut hadits dari Abdullah bin Umar bin khattab ra, beliau berkata:

Tata Cara Zakat Mal
Tata Cara Zakat Mal
  1. Memiliki nishab (standar minimal)

Nishab adalah ukuran batas minimal yg telah ditetapkan oleh syariat (agama), ini agar menjadi pedoman bagi seseorang yg akan mengeluarkan zakat, jika telah sampai pada batas nishabnya. Orang yg memiliki harta dan telah sampai pada nishabnya bahkan lebih, maka diwajibkan baginya untuk mengeluarkan zakat. Sebagaimana dijelaskan dalam firman Alloh SWT:

Tata Cara Zakat Mal
Tata Cara Zakat Mal

Kata al-afwu pada ayat di atas adalah harta yg telah melebihi dari kebutuhan. Demikian Islam telah menetapkan nishab sebagai ukuran kekayaan bagi seseorang.

“Liburan Akhir Tahun, Umroh Yuk?”
  1. Cukup haulnya

Tata Cara Zakat Mal – berikut syarat nishab

  • Harta tersebut haruslah di luar kebutuhan yg harus dipenuhi seseorang, misalnya makanan, tempat tinggal, kendaraan, pakaian dan alat yg dipergunakan untuk mencari nafkah.
  • Harta yg akan dizakati harus berjalan selama 1 tahun (haul) terhitung dari hari kepemilikan nishabnya, berdasarkan penjelasan hadits dari ‘Aisyah ra, Rosululloh saw bersabda:
Tata Cara Zakat Mal
Tata Cara Zakat Mal

Juga hadits dari Ibnu Umar ra, Rosululloh saw bersabda:

Tata Cara Zakat Mal
Tata Cara Zakat Mal

Terkecuali zakat dari hasil pertanian & buah-buahan. Karena zakat dari bidang tersebut diambil ketika tiba masa panen. Demikian pula dengan zakat harta karun (rikaz) yg diambil ketika menemukannya.

Rukun Tata Cara Zakat Mal

  • Orang yg berzakat (muzakki)
  • Orang yg menerima Zakat (mustahik)
  • Barang/harta yg akan dizakatkan

Orang yang Berhak Menerima Zakat Mal

  • Orang fakir, orang yg tidak memiliki harta & tenaga untuk memenuhi kehidupannya.
  • Orang miskin, orang yg tidak cukup penghidupannya & dalam kondisi kekurangan.
  • Pengurus zakat, orang yg bertugas dalam menerima & membagikan zakat.
  • Muallaf, orang kafir yg masuk ke agama Islam.
  • Orang berhutang, orang yg memiliki hutang dan tidak sanggup membayarnya.
  • Berjihad di jalan Alloh,
  • Orang yg dalam perjalanan dan mengalami kesengsaraan dalam perjalanan tersebut. baca juga (Menikmati Keindahan Kota Istanbul Dan Kota Bursa Turki)

Umroh yuk, bersama Rabbbanitour!!! Segera dapatkan info detailnya dengan langsung berkunjung ke kantor Rabbanitour atau melalui telepon CS kami. Bagi Anda pengguna Whatsapp bisa langsung KLIK no di bawah ini:

Comments are closed.