RabbaniTour and Travel 2017

Travel Umroh Terpercaya Sejak 1996 – Tata Cara Tawaf Wada

Tata Cara Tawaf Wada – adalah amalan terakhir untuk orang yg telah melaksanakan ibadah haji sebelum ia meninggalkan Mekkah, setelah itu tidak ada lagi amalan. Tawaf wada ini sebagai penghormatan terakhir pada Masjid Haram. Dalam sebuah hadits dijelaskan:

Tata Cara Tawaf Wada
Tata Cara Tawaf Wada

Bagi wanita haidh yg sudah melaksanakan tawaf ifadhoh jika ia mampu menunggu sampai haidhnya selesai (suci), maka ia diharuskan melaksanakan tawaf wada’. Namun jika tidak mampu menunggu dikarenakan ia harus meninggalkan kota Mekkah, maka tawaf wada’ ini menjadi gugur baginya.

“Liburan Akhir Tahun, Umroh Yuk?”

Tawaf wada’ ini amalan wajib di akhir ketika malaksanakan haji di baitulloh dan ia tidak diperbolehkan untuk tinggal lama setelah melaksanakannya. Jika setelah thawaf wada’ kemudian ia tinggal lama lagi di Mekkah maka thawaf wada’nya harus diulangi lagi. Adapun jika diamnya hanya sebentar dikarenakan menunggu rombongan yang lainnya, atau seperti membeli makanan dan kebutuhan yang lainnya, maka itu tidaklah menjadi masalah. Begitu pula jika ada yg belum melaksanakan sa’I hajinya maka diperbolehkan melaksanakan sa’I setelah thawaf wada’. Karena memang palaksanaan sa’I tidak memerlukan waktu yg lama.

Tata Cara Tawaf Wada
Tata Cara Tawaf Wada

Tawaf wada’ ini tidak diwajibkan bagi penduduk Mekkah. Begitu pula tidak diwajibkan bagi jama’ah yg melaksanakan umroh karena memang tidak ada dalil yg menjelaskannya sebagaimana pendapat dari jumhur ulama, yaitu Syafi’iyah, Malikiyah, Hanafiyah dan Hanabilah. baca juga (Merasakan Nuansa Romawi Kuno Di Wisata Halal Turki).

Ada juga pendapat yg shohih yg memperbolehkan untuk mengakhirkan thawaf ifadhoh dan kemudian digabungkan menjadi satu niat dengan thawaf wada’. Bagi yg telah menyelesaikan seluruh prosesi manasik, maka bersegeralah pulang dan kembali kepada keluarganya, karena dengan demikian akan mendapatkan pahala yg besar dan inilah yg biasa dicontohkan oleh Nabi shollallohu’alaihi wa sallam. Berikut penjelasan hadits:

Tata Cara Tawaf Wada
Tata Cara Tawaf Wada

Tata Cara Tawaf Wada’ – Berikut doa Tawaf Wada dibaca setiap putaran:

Tata Cara Tawaf Wada
Tata Cara Tawaf Wada
Tata Cara Tawaf Wada
Tata Cara Tawaf Wada

Berikut doa ketika selesai tawaf wada’

Tata Cara Tawaf Wada
Tata Cara Tawaf Wada
Tata Cara Tawaf Wada
Tata Cara Tawaf Wada

Apakah Anda Berniat Menunaikan Umroh Tahun ini ???
Umroh Yuk !!! Bersama RABBANITOUR, Travel Umroh Terpercaya Sejak 1996.

Rabbanitour telah berpengalaman dalam bidang Tour and Travel, lebih dari 3000 Jamaah berangkat ke tanah suci Mekkah dan 100% berangkat. Pastikan anda mendapatkan promo-promo menarik di Paket Umroh Rabbanitour. Penasaran dengan PROMONYA ??? Hubungi segera CS kami untuk mendapatkan info lebih lanjut. Bagi anda pengguna Whatsapp bisa KLIK no di bawah ini.

Comments are closed.