RabbaniTour and Travel 2017

Tata Cara Shalat Istikharah

0

Tata Cara Shalat Istikharah

Sholat istikharah –merupakah sholat yang di lakukan untuk mendapat petunjuk dari Allah SWT, terutama apabila seseorang memiliki sesuatu keraguan untuk memutuskan  apa yg terbaik di antara 2 perkara yg di ragukan. Seseorang tersebut biasanya memiliki keraguan di dlm hatinya ,contohnya : Apakah aku terima atau aku tolak?. Keraguan semakin terasa setelah kita mempertimbang kan hal baik/pun buruk dlm suatu pilihan.

Maka dari itu, seseorang hendak lah menyerah kan masalah itu kepada Allah SWT untuk memilih dan jgn lupa untuk senantiasa sembari berikhtiar. Ssebelum seseorang mengambil suatu keputusan maka di anjurkan seseorang tersebut untuk melakukan sholat istikharah sebanyak 2 rakaat pada waktu malam hari sebelum tidur/pun sesudah tdr dan bangun di malam hari yang sunyi karena akan membuat anda leih khusuk dlm mengemuka kan suatu permohonan kpd Allah SWT. Dgn mengharapkan agar pilihan itu atas ridho Allah SWT dan merupakan petunjuk dari Allah SWT.

Tata Cara Sholat Istikharah
Tata Cara Shalat Istikharah

Sholat Istikharah ini ialah seperti yg telah di sebutkan di dlm hadist berikut ini :

إِذَ هَمَّ أَحَدُ كُمْ بِاْلأَمْرِ، فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيْضَةِ، ثُمَّ لْيَقُلْ : اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ فَإِنَّكَ

تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ (ا َوْ قَالَ: عَاجِلِ

أَمْرِي وَآجِلِهِ) فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ (أَوْ قَالَ: فِيْ عَاجِلِ

أَمْرِي وَآجِلِهِ) فَاصْرِفْهُ عَنِّي وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ قَالَ : وَيُسَمِّي حَاجَتَهُ

 

Artinya :” Jikalau seseorang di antara kalian ber keinginan keras untuk melakukan sesuatu, maka hendak lah dia mengerjakan sholat 2 rakaat di luar sholat wajib, dan hendak lah dia mengucap kan :(‘‘Ya Allah.. sesungguh nya aku memohon petunjuk kepada- Mu dgn ilmu-Mu, memohon ketetapan dgn kekuasan-Mu, dan aku memohon karunia- Mu yg sangat agung, karena sesungguh nya Engkau berkuasa sedang aku tdk kuasa sama sekali, Engkau mengetahui sedang aku tdk, dan Engkau Maha mengetahui segala yg ghaib.” Ya Allah.. jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini (kemudian menyebut kan langsung urusan yg di maksud) lebih baik bagi diriku dlm agama, kehidupan, dan akhir urusan ku” /atau mengucap kan : “Baik dlm waktu dekat maupun yg akan datang,  maka tetapkan lah ia bagi ku dan mudahkan lah ia untuk ku. Kemudian berikan berkah kepada ku dlm menjalankan nya. Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk bagi ku dlm agama, kehidupan dan akhir urusan ku” /atau mengucap kan: “Baik di dalam waktu yangg dekat maupun yg akan datang, maka jauhkan lah urusan itu dariku dan jauh kan aku dari nya, serta tetapkan lah yg baik itu bagi ku di mana pun kebaikan itu berada, kemudian jadikan lah aku orang yg ridho dgn ketetapan tersebut), Lalu Beliau bersabda : “Hendaklah dia menyebut kan keperluan nya”  (Hadist Riwayat.Al-Bukhari)”.

Jangan merasa kecewa jikalau ternyata dlm keputusan yg dipilih menimbul kan keinginan yg tdk di sukai. Ingat lah bahwa itu adalah yg telah di garis kan oleh Allah SWT  pada azal yg tdk dapat di ubah, besar kemungkinan mengandung hikmah, membawa kebaikan di masa yg akan datang, hendak lah tetap berhusnuz-zan kepada Allah SWT.

 

Berikut ini adalah Tata Cara Shalat Istikharah :

  1. Mengucapkan niat di dalam hati.
  2. Mengucapkan TAKBIR “Allahu Akbar” dgn mengangkat kedua tangan.
  3. Membaca surah Al-Fatihah.
  4. Di lanjutkan seperti melaksana kan sholat biasa seperti sholat wajib/sholat sunnah yg lainnya.
  5. Setelah selesai sholat, membaca istigfar,sholawat.
  6. Kemudian berdoa dgn penuh kesungguhan untuk memohon suatu pilihan atas 2 pilihan yg masih ragu untuk kita menentukan nya.

Demikian pemebahasan mengenai Tata Cara Shalat Istikharah, semoga bermanfat untuk anda yang sedang diperbingung kan oleh 2 masalah maka dari itu berserah dirilah kpd,meminta petunjuk dan Ridho Allah Swt . Di Rabbani tour juga ada beberapa panduan Tata cara mandi nifas, dan Tata cara sholat dhuha.

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.