RabbaniTour and Travel 2017

Tata Cara Qodho Sholat

0

Tata Cara Qodho Sholat

Mengqodho sholat- yang artinya adalah mengerjakan sholat di luar waktu sebenar nya untuk mengganti kan sholat yg terlewat. Apakah wajib untuk mengqodho sholat? Para ulama menilai menjadi 2 bagian :

  1. Ketidak sengajaan meninggal kan sholat

Dlm keadaan tdk sengaja meninggal kan sholat, seperti karena ketiduran, pingsan/lupa dll. Maka para ulama sudah bersepakat bahwa wajib hukum nya mengqodho sholat yg terlewat. Berdasarkan sabda Nabi Muhammad Saw yaitu :

من نام عن صلاة أو نسيها؛ فليصلها إذا ذكرها

 

Artinya :” barang siapa yg terlewat shalat karena tidur atau karena lupa, maka ia wajib sholat ketika ingat” (Hadist Riwayat. Al Bazzar 13:21,-shahih)”.

 

Tata Cara Qodho Sholat
Tata Cara Qodho Sholat

Dan tdk dosa bagi nya jika hal tersebut bukan karena lalai, karena sholat  yg di lakukan dlm rangka qodho tersebut merupakan kafarah dari perbuatan meninggal kan sholat tersebut.

 

  1. Sengaja meninggal kan Sholat

Para ulama berselisih pendapat tentang orang yg meninggal kan sholat dgn sengaja.apkah wajib/Tidak mengqodho sholat?. Pendapat yg rajih dm hal ini adalah pendapat yg mengat kan sholat nya tdk wajib di qodho. Imam Ibnu Hazm Al-Andalusi mengatakan :

وَأَمَّا مَنْ تَعَمَّدَ تَرْكَ الصَّلَاةِ حَتَّى خَرَجَ وَقْتُهَا فَهَذَا لَا يَقْدِرُ عَلَى قَضَائِهَا أَبَدًا، فَلْيُكْثِرْ مِنْ فِعْلِ الْخَيْرِ وَصَلَاةِ التَّطَوُّعِ؛ لِيُثْقِلَ

مِيزَانَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ؛ وَلْيَتُبْ وَلْيَسْتَغْفِرْ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ

 

Artinya :” adapun orang yg sengaja meninggal kan sholat hingga keluar waktu nya, maka ia tdk akan bisa meng qodho nya sama sekali. Maka yg ia lakukan adalah memperbanyak perbuatan amalan kebaikan & shalat sunnah. Untuk meringankan timbangan nya di hari kiamat. Dan hendak nya ia bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah Swt.(Al Muhalla, 2/10, Asy Syamilah).

 

Pada riwayat hadist juga telah di sampai kan bahwa jika kita lupa secara tdk langsung untuk melakukan sholat, maka dengan meng qodhonya adalah kewajiban yg harus di kerja kan oleh seorang muslim. Jadi “Apabila salah seorang dari kalian tertidur sampai luput dari mengerjakan 1 shalat/ ia lupa, maka hendak lah ia menunai kan sholat tersebut ketika ia sudah ingat.” (Shohih Muslim :no-684). Jadi inti nya meng qodho sholat adalah kewajiban jika kita tanpa sengaja meninggal kan salah 1 dari sholat 5 waktu tersebut.

 

Tata Cara Qodho Sholat

  1. Di segerakan untuk melaksana kan nya. Artinya jika kita tdk sholat subuh lantaran keiduran, maka wajib bagi kita yaitu untuk segera melakukan sholat qodho begitu ingat/ sudah terbangun.
  2. Berwudhu terlebih dahulu/mandi jika anda berhajat besar.
  3. Niat sholat qodho. Misalnya jika anda mengqodho sholat subuh, niat nya “Ushoolli Fardo Shubhi rok’atainni mustaqbilal qiblati qadhaa-an lilaahi ta’aala” yang artinya (Aku niat melakukan sholat fardu subuh 2 rakaat, sambil menghadap kiblat, karena qodho, karena Allaah Ta’aala).
  4. Lakukan sholat sebgai mana biasanya anda melakukan sholat.

Demikian lah artikel pembahasan mengenai Tata Cara Qodho Sholat semoga informasi ini bermanfaat. di Rabbani tour ada artikel yang menjelas kan tentang, Tata Cara Gerakan Sholat Yang Benar, dan ada juga pilihan umroh yang travel kami sediakan yaitu ada Umroh  Desember, dan Umroh VIP.

Leave A Reply

Your email address will not be published.