RabbaniTour and Travel 2017

Travel Umroh Terpercaya Sejak 1996 – Tata Cara Qadha Puasa

Tata Cara Qadha Puasa – Qadha artinya melaksanakan atau memenuhi baik itu kewajiban ataupun sunnah. Menurut istilah qadha adalah suatu ibadah yg dilakukan diluar waktu yg telah ditentukan oleh aturan syariah dikarenakan adanya uzur. Contohnya dalam masalah puasa yg akan kita bahas dalan artikel ini, dimana pelaksanaan qadha ini dilakukan diluar bulan ramadhan dikarenakan adanya uzur/halangan untuk melakukan tepat waktu.

Tata Cara Qadha Puasa
Tata Cara Qadha Puasa

Lalu apakah Tata Cara Qadha Puasa itu harus dilakukan secara berturut-turut. Dalam sebuah hadits dari ibnu Umar, Rosululloh saw bersabda:

Tata Cara Qadha Puasa
Tata Cara Qadha Puasa

Dengan begitu jelas bahwa seseorang dapat mengqadha puasa bisa dengan berurutan ataupun secara terpisah, dalam artian dilakukan dengan tidak berturut-turut setiap harinya.

“Umroh khusuk, tidak bedesak-desakan, Umroh Awal Musim Solusinya”

Tata Cara Qadha Puasa – Menurut Pendapat Imam Madzhab

Berikut beberapa penjelasan dari beberapa imam madzhab apakah qadha puasa Ramadhan dapat dilakukan ketika bulan syawal atau setelahnya.

  1. Yang membolehkan Qadha puasa setelah bulan syawal
  • Imam Abu Hanifah & Imam Ahmad

Menurut pandangan dari kedua imam ini bahwa mengqadha puasa tidak diharuskan untuk dilakukan secara berturut-turut setiap harinya setelah bulan ramadhan yaitu pada bulan syawal, tapi mengqadha puasa dapat dilakukan selang seling atau semampu kita dan dilakukannya di bulan-bulan lainnya selama belum masuk bulan sya’ban.

  • Imam Syafi’I & Imam Malik

Berbeda dengan pandangan di atas, dimanan kedua imam ini berpandangan bahwa puasa qadha di bulan syawal hukumnya makruh, karena dengan alasan bahwa pada bulan tersebut hanya disunnahkan untuk berpuasa sunnah sedangkan qadha puasa bisa ditunda dan dilakukannya di bulan lainnya lagi. Pendapat ini diperkuat oleh surat al-baqarah ayat 185, dalam ayat tersebut tidak dirincikan kapan waktu mengqadha puasa ramadhan yg seharusnya dilakukan.

 

  1. Yang mengharuskan Qadha puasa setelah bulan Ramadhan (ketika syawal)
  • Imam Madzhab Hambali

Dalam pandangan madzhab ini dikatakan bahwa haram hukumnya melakukan puasa syawal jika belum membayar utang puasa ramadhan yg ditinggalkan. Hal ini  dilandaskan pada sebuah hadits yg mana menurut sebagian ulama dinilai hadits tersebut dhaif.

Tata Cara Qadha Puasa – Orang yang Mendapatkan Keringanan Tidak Puasa

  • Orang yang sudah tua renta (sepuh)

Dikarenakan memang sudah sepuh dikarenakan lanjut usia sehingga tidak mampu berpuasa, berikut dalil al-Quran yang berlaku juga untuk orang sakit yg sakitnya akan bertambah parah jika melakukan puasa. Alloh SWT berfirman:

Tata Cara Qadha Puasa
Tata Cara Qadha Puasa
  • Orang yang sakit dan Musafir

Orang yang sakit apabila dengan berpuasa dapat membahayakan diri atau membinasakan diri, maka berlaku keringan untuk mengqadha puasa. Adapun musafir yg melakukan perjalanan yg jauh sehingga tidak memungkinkan untuk melanjutkan berpuasa karena kondisi badan yg begitu lelah maka ia dapat keringanan untuk mengqadha puasanya. baca juga (Waspada Penipuan Berkedok Travel Umroh)

Berikut dalil firman Alloh SWT

Tata Cara Qadha Puasa
Tata Cara Qadha Puasa
  • Wanita hamil dan menyusui

Untuk wanita hamil ada keringanan untuk mengqadha puasa, bila dikarenakan dengan puasa ia khawatir pada anaknya akan keguguran juga kekurangan ASI pada wanita yg menyusui, maka berlaku bagi keduanya keringanan dan dapat mengqadha puasa. Berikut penjelasan hadits dari Anas bin Malik, bahwasannya Rosululloh saw bersabda:

Tata Cara Qadha Puasa
Tata Cara Qadha Puasa

“Nyari Travel Umroh Aman, & Terpercaya. Rabbanitour Solusinya!”

Rabbanitour telah melayani para calon tamu Allah SWT sejak 1996. Sudah lebih dari 3000 Jamaah berangkat ke Tanah Suci bersama Rabbanitour. Travel Umroh Terpercaya ini telah meraih beberapa penghargaan (Klik disini:  Rabbanitour Meraih Penghargaan Oleh BNSP)

Umroh yuk, bersama Rabbbanitour!!!Segera dapatkan info detailnya dengan langsung berkunjung ke kantor Rabbanitour atau melalui telepon CS kami. Bagi Anda pengguna Whatsapp bisa langsung KLIK no di bawah ini:

Comments are closed.