RabbaniTour and Travel 2017

Tata Cara Puasa Daud

Dalam mempraktekkan puasa Daud seorang muslim harus memperhatikan hadits-hadits dan hukum-hukum agama yang lainnya. Misalnya ketika memasuki Bulan Ramadlan, maka dengan pasti dia tidak mungkin dapat melakukan puasa Dawud, karena dia harus berpuasa Ramadlan yang hukumnya fardlu dan tidak boleh berniat dengan puasa yang lainnya, baik yang sunnah maupun yang fardlu yang lainnya, seperti puasa nadzar.

Tata Cara Puasa Daud – Puasa Daud dilakukan sehari berpuasa kemudian keesokan harinya tidak berpuasa dan berpuasa lagi di keesokan harinya. Puasa Daud ini merupakan sebaik-baiknya puasa juga memiliki derajat puasa yang paling tinggi. Puasa daud ini paling disukai Alloh SWT. menurut penjelasana hadits dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash berkata bahwasannya Rosululloh saw bersabda:

Tata Cara Puasa Daud
Tata Cara Puasa Daud

Adapun penjelasan dalam musnad Imam Ahmad, sebagai berikut:

Tata Cara Puasa Daud
Tata Cara Puasa Daud
Liburan akhir tahun, Umroh Yuk? 

Puasa daud yang dilakukan sehari berpuasa dan besoknya tidak, kemudian puasa lagi lusanya, dan terus dilakukan seperti  maka itulah semaksimal puasa. Tidak diperbolehkan lebih dari itu, contohnya menggabungkan antara puasa senin kamis dengan puasa daud, ini contoh yg tidak boleh. Seperti penjelasan dari hadits Bukhari & Muslim sebagai berikut:

Tata Cara Puasa Daud
Tata Cara Puasa Daud

Tata Cara Puasa Daud – Keutamaannya

Berikut hadits yang menjelaskan keutamaan puasa Daud.

Tata Cara Puasa Daud
Tata Cara Puasa Daud

Menurut syaikh ‘Abdurrohman bin Nashir as Sa’di ra. berkata “hadits di atas dengan tegas menjelaskan bahwa puasa daud adalah sebaik-baiknya puasa. Bahkan puasa daud ini lebih utama daripada puasa yg dilakukan sepanjang tahun. Puasa daud ini hanya dilakukan bagi orang yg mampu (tidak merasa kesulitan dalam melakukannya) & tidak sampai melalaikan orang yg berpuasanya dari perkara yg lebih penting.

Apabila puasa daud bertemu hari puasa sunah lainnya

Dalam Tata Cara Puasa Daud ini seorang muslim mesti memperhatikan aturan dan hukum puasa lainnya yang berada dalam Islam. Misalnya datang bulan Ramadhan maka sudah dipastikan dia tidak diperbolehkan untuk melakukan puasa Daud, karena dia diwajibkan untuk berpuasa Ramadhan dibandingkan untuk berpuasa daud yg Sunnah. baca juga (Menapaki Sejarah Islam di Maroko)

  • Bertemu hari yg diharamkan berpuasa

Tidak diperbolehkan berpuasa di hari yang diharamkan untuk berpuasa, contohnya ketika datang dua hari raya (Idul fitri & idul adha), kemudian di hari-hari tasyriq.

  • Ketika berhaji

Ketika melaksanakan wukuf di Arafah, maka disunnahkan untuk tidak berpuasa. Karena Rosulullohpun demikian tidak berpuasa ketika berwukuf di arafah.

Umroh yuk, bersama Rabbbanitour!!! Segera dapatkan info detailnya dengan langsung berkunjung ke kantor Rabbanitour atau melalui telepon CS kami. Bagi Anda pengguna Whatsapp bisa langsung KLIK no di bawah ini:

 

Comments are closed.