RabbaniTour and Travel 2017

Tata Cara Puasa 3 Hari Setiap Bulan

Tata Cara Puasa 3 Hari Setiap Bulan – Kita sebagai ummat Islam disunnahkan berpuasa minimal 3 kali dalam sebulan. Puasa yang lebih utama adalah puasa Ayyamul Bidh yang dilaksanakannya setiap tanggal 13, 14 dan 15 di bulan Hijriyah. Kenapa puasa tersebut dinamakan dengan puasa Ayyamul Bidh?Ayyam  yang artinya jamak dari yaum yaitu hari-hari, bidh artinya putih, sehingga ayyamul bidh diartikan dengan hari-hari putih, karena pada malam-malam di tanggal tersebut bulan purnama bersinar terang dengan sinar rembulan yang begitu putih.

Berikut dalil-dalil yang menganjurkan kita untuk puasa 3 hari setiap bulannya, yaitu:

Hadits dari Abu Hurairah ra. Ia berkata:

Tata Cara Puasa 3 Hari Setiap Bulan

“kekasihku (Rosululloh saw) telah mewasiatkan kepadaku 3 nasihat yg aku tdk meninggalkannya sampai aku mati; (1) berpuasa 3 hari pada setiap bulannya (2) mendirikan sholat sunnah dhuha (3) mendirikan sholat sunnah witir sebelum tidur.” (HR Bukhori. No:1178)

Hadits dari Abdullah bin Amr bin Ash, Rosululloh saw telah bersabda:

Tata Cara Puasa 3 Hari Setiap Bulan
Tata Cara Puasa 3 Hari Setiap Bulan

Hadits dari Ibnu Abbas ra, beliau berkata:

Tata Cara Puasa 3 Hari Setiap Bulan
Tata Cara Puasa 3 Hari Setiap Bulan

Hadits dari Abu Dzar, Rosululloh saw bersabda kepadanya:

Tata Cara Puasa 3 Hari Setiap Bulan
Tata Cara Puasa 3 Hari Setiap Bulan

Namun ada pengecualian berpuasa yaitu pada tanggal 13 Dzulhijjah karena tgl tersebut bagian dari hari tasyriq, maka puasa di tanggal tersebut diharamkan.

Tata Cara Puasa 3 Hari Setiap Bulan – Pelajaran Pentingnya adalah:

  • Dianjurkannya berpuasa 3 hari pada setiap bulannya, pada hari apa saja. Aisyah mengatakan “beliau tidak peduli pada hari apa beliau berpuasa (dengan artian beliau berpuasa di awal bulan hijriyah, pertengahan ataupun di akhir)” Syarh Riyadhus Sholihin, 3/470.
  • Hari yg utama untuk berpuasa ayyamul bidh dilaksanakan pada tgl 13, 14 dan 15 di bulan hijriyah. Adapula yg mengatakan bisa dilakukan pada tgl 12, 13 dan 14, namun pendapat yg pertama tadi lebih kuat daripada yg kedua.
  • Disebut ayyamul bidh dikarenakan pada tgl tersebut bulan bersinar dengan sempurna dengan sinar rembulannya yg putih.

Tata Cara Puasa 3 Hari Setiap Bulan – faedahnya adalah:

  1. Menghidupkan sunnah yg dicontohkan Nabi Muhammad saw
  2. Melakukan puasa 3 hari setiap bulannya ibarat melakukan puasa sepanjang tahunnya, karena pahala 1 kebaikan adalah 10 kebaikan. Misal berpuasa 3 kali setiap bulannya, maka ibarat puasa 30 hari setiap bulannya. Jadi seolah-olah kita berpuasa sepanjang tahun.
  3. Memberi istirahat pada anggota tubuh setiap bulannya.

Kalau sudah tau Tata Cara Puasa 3 Hari setiap bulannya, yuk kita puasa juga 🙂

Travel Umroh Terpercaya Keluarga Indonesia

Rabbanitour sudah sejak 1996 menjadi sahabat para tamu Allah untuk menunaikan ibadah suci. Kini saatnya giliran anda menjadi sahabat Rabbanitour. Beribadah umroh dengan aman, nyaman, 100% berangkat dan Mabrur in syaa Allah, bersama Rabbanitour – Sahabat Anda Menuju Baitullah. Dapatkan promo menarik untuk Paket Umroh Keluarga dan banyak lagi, info detailnya silahkan hubungi CS kami. Bagi pengguna Whatsapp bisa KLIK langsung no di bawah ini:

Comments are closed.