RabbaniTour and Travel 2017

Tata Cara Kithbah Dalam Islam

0

Tata Cara Kithbah Dalam Islam

Khitbah dalam islam – yang artinya (Meminang) yaitu, permintaan untuk menkah dari seorang laki-laki kpd seoramg perempuan/ sebalik nya dgn perantara seseorang yg di percayai nya. Dlm merencanaka kehidupan berumah tangga. Ada beberapa langkah yg harus di lalui oleh  seorang ikhwan ialah menetap kan seorang akhwat yg di inginkan untuk menjadi calon istri nya. Secara syariat islam ikhwan tersbt menjalani nya dgn melakukan khitbah (Peminangan), kpd akhwat yg di kehendaki nya. Adapun salah satu tujuan yg di syari’at kan khitbah adalah agar masing-masing pihak dapat mengetahui calon pendamping nya.

Tata Cara Khitbah Dalam Islam
Tata Cara Khitbah Dalam Islam

Islam menganjur kan bahkan memerintah kan para kaum muslim unntuk melangsungkan pernikahan. Berkaitan dgn anjuran untuk menikah Allah Swt berfirman :”Nikahi oleh kalian perempuan yg kalian sukai (Quran Surah. An-Nisa/4:3).

Ibnu Mas’ud menyatakan bahwa Nabi Muhammad Saw telah mengingat kan: “Wahai para pemuda, siapa saja di antara kalian yg telah sanggup memikul beban, Hendaklah ia segera menikah, karena hal itu dpt menundukan pandangan & menjaga kehormatan. Sebalik nya siapa saja yg belum mampu, hendaklah ia shaum karena hal tersebut dapat menjadi perisai”.

Hadist menyebut kan:

وعن جابرقال, قال رسول الله صلى الله عليه وسلم, إذا خطب أحدكم المرأة فإن استطاع أن

نظر منها إلى مايدعوه إلى نكاحها فاليفعل قالفخطبت جارية من نبي سلمة فكنت أختبئ لها

تحت الكرب حتى رأيت منها بعض ما دعاني إلى نكاحها فتزوجتها

Artinya : “Dari Jabir bin Abdullah berkata: Rasulullah Saw bersabda: jika seseorang meminang perempuan, maka jika mampu hendak nya ia melihat nya sehingga ia mengingin kan untuk melihat nya, maka lakukan lah sehingga engkau meliha tnya sesuatu yg menarik untuk menikahi nya maka nikahi lah”.

Sedangkan Al-Quran Menyebutkan :

ولاجناح عليكم فيما عرَضتم به من خطبة النساء اوكنتم فى انفسكم علم الله انكم ستذكرونهن

ولكن لاتواعدوهن سرا الا ان تقولوا قولا معروفا ولاتعزموا عقدة النكاح حتى يبلغ الكتاب

اجله واعلموا ان الله يعلم ما فى انفسكم فاحذروه واعلموا ان الله غفور حليم (البقرة: ٢٣٥ )

Artinya :Dan tdk ada dosa bagi kamu meminang perempuan-perempuan itu dgn sindiran/ kamu menyembunyi kan (keinginan mengawini mereka) dlm hatimu. Allah Swt mengetahui bahwa kamu akan menyebut-nyebut mereka, oleh karena itu jangan lah kamu mengadakan janji nikah dgn mereka dgn secara rahasia, kecuali sekedar mengucap kan kpd mereka perkataan yg ma’ruf. Dan jangan lah kamu ber’azam (bertetap hati) untuk berakad nikah, sebelum habis iddah’nya. Dan ketahui lah bahwasan nya Allah Swt mengetahui apa yg ada dlm hatimu, maka takut lah kepada-Nya, dan ketahui lah bahwa Allah Swt Maha Pengampun lagi Maha Penyantun”.

Berikut ini adalah Tata Cara Khitbah Dalam Islam :

  1. Peminangan seorang pria kpd wanita (tentu nya kpd wali wanita tersebut). Seorang wanita meminta kpd pria untuk di nikahi nya.
  2. Khitbah bukan menghalal kan segalanya khitbah (tunangan), merupakan bukan syarat sah nya nikah, akad nikah tanpa khitbah tetap akan sah. Akan tetapi khitbah suatu wasilah untuk menuju ke jenjang pernikahan yg di perboleh kan.
  3. Jgn berlama-lama dlm masa khitbah meski tdk ada nash khusus tentang batas waktu masa khitbah, tetapi di anjur kan menikah dan khitbah tdk terlalu lama. Untuk menghindari fitnah & berbagai potensi yg terjadinya kerusakan. Sesudah khitbah (permohonan menikah) di setujui, sebaik nya keluarga kedua pihak ber musyawarah mengenai kapan & bagaimana walimah di langsung kan. “Dan sesuatu yg mengantar kan kpd keharaman, haram pula hukum nya”.
  4. Haram meminang pinangan saudara nya di riwayat kan oleh Al-Bukhari Bahwa Ibnu’Ummar RA menyata kan:” Nabi Muhammad Saw melarang sebagian kalian membeli apa yg di beli saudara nya, dan tdk boleh meminang atas pinangan saudara nya hingga peminang sebelum nya meninggal kan/peminang mengijinkan kpd nya”.

Demikian lah pembahasan seputar Tata Cara Khitbah Dalam Islam. baca juga artikel tentang Tata Cara Akad Nkah, dan Tata Cara Sholat Istikharah, dan ada juga pilihan paket umroh di Rabbani tour, Umroh Plus Aqsa Petra dan Umroh Plus Dubai.

Leave A Reply

Your email address will not be published.