RabbaniTour and Travel 2017

Tata Cara Berpakaian Menurut Islam

Penting sekali kita sebagai umat muslim, terutama akhwat (perempuan), menjaga pakaiannya dengan menutupi aurat, bagian-bagian yang terlihat agar senan tiasa tetap terjaga dan terlindungi. Islam itu sangat memuliakan perempuan,  Tuntunan Islam mengandung didikan moral yang tinggi. Dalam masalah aurat, Islam telah menetapkan bahwa aurat lelaki adalah antara pusar samapi kedua lutut. Sedangkan bagi perempuan adalah seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan.

Sebagaimana ada dalam hadist :

“Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kehormatannya; janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang (biasa) tampak padanya. Wajib atas mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya. (QS an-Nur [24]: 31). 

Islam juga Menjadikan Al Qur’an dan hadis yaitu sebagai pedoman untuk mengatur segala aspek kehidupan manusia, karena Allah SWT. menjadikan segala sesuatu termasuk aktivitas manusia harus bernilai ibadah dan memberi manfaat termasuk dalam mengenakan pakaian.

Tata Cara Berpakaian Menurut Islam – Alloh SWT menciptakan manusia dalam sebaik baiknya bentuk dan rupa. Sebagaimana firman Alloh dalam al-Qur’an surat At-Tiin : 4-5.

Tata Cara Berpakaian Menurut Islam
Tata Cara Berpakaian Menurut Islam

Rupa atau bentuk akan terlihat baik jika ia mampu memelihara amanat itu dengan sebaik mungkin. Dalam Islam ada beberapa kode etik berpakaian yang harus ditanamkan pada diri seseorang dari sejak dini. Kode etik tersebut mengatur batasan dan ukuran agar terjaganya aurat pria maupun wanita.

Liburan Akhir Tahun, Umroh Yuk? 

Dengan pakaian itulah sehingga badan manusia dapat terlindungi dari udara dingin, panas dan lain sebagainya. Oleh karena itu Alloh memerintahkan agar manusia menutup auratnya. Alloh telah menciptakan bahan-bahan yang ada di muka bumi, yang dengannya manusia bisa menggunakannya untuk menutup aurat. Sebagaimana firman Alloh SWT:

Tata Cara Berpakaian Menurut Islam
Tata Cara Berpakaian Menurut Islam

Tujuan berpakaian adalah untuk menutup aurat dan keindahan. Berpakaian sesuai dengan kemampuan masing-masing individu, tidak mesti mahal dan mewah yang ujungnya hanya ingin dilihat manusia lainnya. Adakalanya kita pun harus berpakaian yang terbaik (bukan yang mewah) namun bersih ketika akan melakukan ibadah sholat di masjid. Alloh SWT berfirman:

Tata Cara Berpakaian Menurut Islam
Tata Cara Berpakaian Menurut Islam

Sedemikian rupa Islam mengatur dalam segi berpakaian untuk pria dan wanita. Adapun Tata Cara Berpakaian Menurut Islam diantaranya sebagai berikut:

  1. Pakaian untuk pria

Ada beberapa syarat yang harus terpenuhi, yakni:

  • Menutup aurat

Berikut hadits yang menjelaskan mengenai aurat pria:

Tata Cara Berpakaian Menurut Islam
Tata Cara Berpakaian Menurut Islam
  • Tidak terbuat dari bahan emas atau sutera
Tata Cara Berpakaian Menurut Islam
Tata Cara Berpakaian Menurut Islam
  • Tidak menyerupai pakaian wanita

Seorang pria dilarang bertingkah laku seperti layaknya wanita, termasuk dalam berpakaian. Begitu juga sebaliknya wanita dilarang menyerupai pria termasuk berpakaiannya. baca juga (Destinasi Wisata Mesir, Menapaki Budaya Mesir Kuno Karnak)

  • Tidak menyurupai pakaiannya orang-orang kafir

Yang artinya tidak boleh bertasyabuh kepada kafir, menyerupai gaya hidup orang kafir, baik berpakaian maupun bersikap.

  1. Pakaian untuk wanita
    • Menutup aurat
    • Tidak tembus pandang
    • Tidak mencetak lekuk tubuh
    • Tidak tabarruj
    • Tidak menyerupai pakaian pria
    • Tidak tasyabuh kepada orang kafir

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membiasakan segala sesuatu agar menjadi bagian dari sifat, karakter serta bagian dari kehidupan sehari hari, termasuk dalam membiasakan berpakaian menurut ketentuan Islam.

Rabbanitour telah melayani para calon tamu Allah SWT sejak 1996. Sudah lebih dari 3000 Jamaah berangkat ke Tanah Suci bersama Rabbanitour. Travel Umroh Terpercaya ini telah meraih beberapa penghargaan (Klik disini: Rabbanitour Meraih Penghargaan Oleh BNSP

Umroh yuk, bersama Rabbbanitour!!!Segera dapatkan info detailnya dengan langsung berkunjung ke kantor Rabbanitour atau melalui telepon CS kami. Bagi Anda pengguna Whatsapp bisa langsung KLIK no di bawah ini:

Comments are closed.