RabbaniTour and Travel 2017

Tata Cara Berkurban

0

Tata Cara Berkurban – Sebelum membahas mengenai tata cara berkurban, mari kita ketahui dahulu bagaimana hukumnya. Menurut ulama imam Malik & Syafi’I, Hukum berkurban adalah Sunnah muakkad (tidak ada dosa bagi orang yg tidak melaksanakannya). Berikut dalil-dalil penjelasannya:

Tata Cara Berkurban
Tata Cara Berkurban

Tata Cara Berkurban dan Syarat-Syaratnya

Berikut tata cara penyembelihan hewan kurban:

  1. Diawali dengan mengucapkan nama Alloh SWT, seperti dalam firmannya QS. Al-an’am : 118.
Tata Cara Berkurban
Tata Cara Berkurban

Rosululloh saw menyebut Bismillahirrohmanirrohim ketika beliau hendak menyembelih kurban.

  1. Mengucapkan Shalawat atas Nabi saw sebagaimana dijelaskan imam Syafi’I “Alloh SWT mengangkat penyebutan shollallohu a’laihi wa sallam dan tidaklah disebutkan nama Alloh kecuali dgn disebutkan pula namanya saw.
  2. Menghadapkan hewan yg akan disembelih kea rah kiblat. Karena kiblat merupakan arah terbaik dan Rosul pun mengarahkan hewan sembelihannya kea rah kiblat.
  3. Mengucapkan kalimat takbir sebagaimana dijelaskan dalam riwayat dari Anas bahwasannya Rosululloh saw menyembelih 2 ekor gibas yg baik & bertanduk dengan tangannya sendiri yg mulia dengan menyebutkan nama Alloh dan bertakbir (HR. Bukhori Muslim)
  4. Disunnahkan untuk mengucapkan:
Tata Cara Berkurban
Tata Cara Berkurban
Tata Cara Berkurban
Tata Cara Berkurban

Syarat-syarat Kurban

  1. Usianya, apabila berkurban domba maka yg dianggap layak adalah yg berumur 6 bulan, untuk kambing berumur 1 tahun, sapi berumur 2 tahun, dan untuk unta berumur 5 tahun. Semuanya tidak dibedakan apakah jantan maupun betina. Hal tersebut berdasarkan dalil-dalil berikut:
Tata Cara Berkurban
Tata Cara Berkurban
  1. Tidak ada cacat (aib) pada hewan kurban, seperti picak matanya, pincang kakinya, patah tanduknya, kupingnya terpotong, tidak juga terlalu kurus, hal tersebut berdasarkan hadits dari Tirmidzi.
  2. Yang paling utama untuk hewan kurban adalah gibas (domba) yg kuat, mempunyai tanduk dan memiliki warna putih kehitam-hitaman pada sekitar kedua matanya dan juga di badannya. Seperti halnya dalam hadits dari Aisyah bahwasannya Nabi saw pernah berkurban dengan seekor gibas yg memiliki tanduk, ada warna hitam di bagian badannya, ada warna hitam di bagian kakinya, dan ada warna hitam di kedua matanya. (HR Tirmidzi). Demikian yg paling utama, namun bukan berarti hewan kurban harus persis seperti dalam hadits, karena itu akan menyulitkan bagi setiap orang yg ingin berkurban.

Demikian penjelasan mengenai Tata Cara Berkurban semoga ada manfaat yg bisa diambil. Baca juga srtikel Rabbani Tour lainnya mengenai Tata Cara Adzan, Tata Cara Aqiqah. Yuk umroh bersama Rabbani Tour – Sahabat Anda Menuju Baitullah.

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.