RabbaniTour and Travel 2017

Tata Cara Aqiqah

0

Tata Cara Aqiqah – Asal kata Aqiqah adalah (عَقَّ يَعِقُّ) yang menurut bahasa adalah sebutan untuk rambut yg berada pada kepala bayi yg baru lahir. Menurut istilah berarti sesuatu yg disembelih ketika menggundul kepala bayi. Sebab dinamakan aqiqah karena menyembelih  (يُعَقُّ) yang artinya memotong dan rambut kepala bayi pun dicukur ketika itu. Menurut Ibnu Utsaimin Aqiqah adalah menyembelih dengan niat untuk mendekatkan diri kepada Alloh SWT juga sebagai ungkapan rasa syukur atas diberikan nikmat berupa lahirnya seorang anak, kemudian aqiqah ini dilakukan pada hari ketujuh dari kelahiran sang bayi.

Tata Cara Aqiqah
Tata Cara Aqiqah

Aqiqah merupakan amalan yg disyariatkan oleh ibnu ‘abbas, ibnu umar, aisyah, juga para fuqoha tabi’in dan para ulama. Berikut dalil yg mensyariatkan aqiqah:

Hadits pertama : dari Salman bin ‘amir

Tata Cara Aqiqah
Tata Cara Aqiqah

Hadits kedua: dari Samuroh bin Jundub

Tata Cara Aqiqah
Tata Cara Aqiqah

Hadits ketiga: dari Ummul Mukminin ‘Aisyah Rodhiyallohu ‘anha

Tata Cara Aqiqah
Tata Cara Aqiqah

Hadits keempat: dari Ibnu ‘Abbas

Tata Cara Aqiqah
Tata Cara Aqiqah

Hukum Aqiqah

Menurut penjelasan hadits-hadits di atas, lantas bagaimana hukum Aqiqah itu sendiri? Wajib atau Sunnah? Dalam hal ini, ada beberapa silang pendapat dari beberapa ulama. Berdasarkan hadits:

Tata Cara Aqiqah
Tata Cara Aqiqah

Berdasarkan penjelasan hadits lainnya, para ulama menyatakan bahwa hukumnya Aqiqah itu wajib, seperti ulama Daud, Ibnu Hazm dan Hasan al Bashri. Sedangkan para jumhur (mayoritas) ulama berpendapat bahwasannya hukum Aqiqah itu Sunnah. Sedangkan menurut imam Abu Hanifah bahwa hukum Aqiqah itu tidak wajib juga tidak Sunnah. – demikian yg dikatakan oleh Asy-Syaukani di dalam kitab Nailul Author.

Adapun penjelasan bahwa hukum Aqiqah itu Sunnah adalah sebagai berikut:

  • Syaikh Utsaimin ra : Aqiqah merupakan Sunnah muakkadah (Sunnah yg dianjurkan). Namun bagi orang yg tidak mampu maka gugurlah kewajiban (Sunnah) ini darinya.
  • Imam Ahmad ra : Aqiqah merupakan Sunnah dari Rosululloh saw, karena beliau telah melakukannya untuk cucunya Hasan dan Husain. Begitupun para sahabat melakukannya. “semua anak yg lahir tergadaikan dgn Aqiqahnya” (HR Abu Dawud, at-tirmidzi & an-nasa’i).

Waktu Aqiqah

Aqiqah ini disunnahkan pada hari ke-7 dari kelahiran sang bayi, namun jika terlewatkan maka pada hari ke-14, apabila terlewatkan lagi maka hari ke-21.

Tata Cara Aqiqah
Tata Cara Aqiqah

Jumlah Kambing

Untuk jumlah kambing, berikut ada penjelasan haditsnya:

Tata Cara Aqiqah
Tata Cara Aqiqah

Demikian sedikit penjelasan mengenai Tata Cara Aqiqah semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga artikel Rabbani Tour lainnya mengenai Tata Cara akad Nikah, Tata Cara Mandi Nifas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.